Banyak orang ragu mengambil keputusan karena ‘takut’ akan resikonya meski mereka punya ide bagus, mereka mengira dengan tidak melakukan apa-apa akan menghindarkan mereka dari resiko. Ketika sebuah inisiatif menghasilkan ‘manfaat’ bagi banyak orang, mereka akan mengatakan “itu  kan ide saya!” dan bila ada yang gagal mereka akan mengatakan “saya kan sudah ingatkan!”.
       Dalam keadaan yang ‘tidak pasti’ justru pemimpin dibutuhkan, yaitu mereka yang bersedia mengambil keputusan dengan penuh komitmen untuk melakukan apa saja yang diperlukan untuk mencapai hasil terbaik bagi banyak orang. (Hatta_Samisinau).


 
 
      Banyak orang berusaha keras mencari solusi, melengkapi diri dengan pendidikan tinggi dan ‘alat-alat sakti’ yang telah diakui diseluruh dunia. Namun tidak sedikit yang kehilangan ‘ketulusan’ untuk membantu orang lain mencapai tujuannya, dan lebih sibuk meyakinkan orang lain bahwa ‘caranya’ lah yang terbaik.
      Para pemimpin mencari solusi bukan untuk membuktikan bahwa gagasannya yang benar, namun untuk membantu agar orang-orang mampu mencapai tujuan mereka, dengan apapun yang mereka miliki, sesederhana apapun itu. (hatta_Samisinau) 


 
 
Bila saya mengerti posisi saya saat ini, mengetahui apa tujuan saya, mengenali apa yang benar-benar saya cari, menyadari apa yang diharapkan oleh lingkungan kepada saya, maka saya memahami apa arti saya bagi mereka dan apa arti mereka bagi saya.
       Setelah itu saya tidak perlu lagi mencarinya di tempat lain, di sini di tengah keluarga, di tempat saya bekerja, di masyarakat dimana saya tinggal, saya menemukan makna hidup saya, bersama orang-orang yang mana untuk mereka saya rela melakukan hal-hal terbaik yang saya bisa. 
(Hatta_Samisinau)

 
 
Semua orang punya cita-cita, namun tidak semua punya rencana bagaimana mencapainya.  Banyak orang bekerja keras sepanjang hidupnya, namun tidak banyak yang berbahagia dengan apa yang diraihnya. (Hatta-Samisinau)
        Manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan sosialnya, kita (hanya) bisa memahami mereka dalam konteks relasinya dengan lingkungan. Setiap orang tumbuh dan berkembang dalam pengaruh lingkungan, keluarga, teman, tetangga dan masyarakat. Demikian juga ‘orientasi’ mereka terhadap masa depan, lingkungan turut menentukan apa yang ‘ideal’ untuk dicapai. Bagaimana dengan Anda, seperti apa gambaran masa depan yang anda harapkan ???